Pola Asuh Orang Tua dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar pada anak kelas 5 dan 6 di SDNKandangan 3 Kecamatan Ngawi Kabupaten Ngawi

Pola Asuh Orang Tua dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar pada anak kelas 5 dan 6 di SDNKandangan 3 Kecamatan Ngawi Kabupaten Ngawi

  • RAUDHOTUN NISAK, M.Kep

Abstract

Pada masa ini pengasuhan anak menjadi lebih kompleks saat orang tua menanggung tugas mengajarkan disiplin, kendali dan membentuk karakter. Pada umumnya orang tua memiliki cara yang sangat berbeda satu sama lainya dalam hal bagaimana mereka mendekati tugas tersebut. Sebagian bersifat hangat, pengasuh dan santai yang lain bersifat dingin, menjauh dan tegang. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi pola asuh orang tua dalam meningkatkan kedisiplinan belajar pada anak kelas 5 dan 6 di wilayah SDN Kandangan 3 Kabupaten Ngawi. Desain Penelitian yang digunakan adalah deskriptif, dengan Tehnik sampling yang digunakan adalah Purposive sampling. Sampel yang dipakai adalah 46 responden, yaitu siswa-siswi kelas 5 dan 6 di SDN Kandangan 3 dari bulan September - Oktober 2018. Alat ukur yang digunakan adalah kuisioner setelah data didapatkan , data ditabulasi dan dianalisa . Dari hasil analisa yang didapatkan bahwa Pola asuh orang tua dalam meningkatkan kedisiplinan belajar pada anak kelas 5 dan 6memiliki kecenderungan demokrasi sebanyak 31 responden (67,39%), sedangkan kecenderungan otoriter sebanyak 4 responden (8,7,%),kecenderungan penelantar 1 responden (2,17%) dan kecenderungan campuran sebanyak 10 responden (21,74%).   Hal ini menyatakan bahwa pola asuh orang tua dalam meningkatkan kedisiplinan balajar pada anak Sebagian besar berkecenderungan Demokrasi. Hal ini harus dipertahankan karena anak akan bersifat mandiri, tegas, dan mau bekerja sama dengan orang lain.

Published
2019-02-28
How to Cite
NISAK, M.KEP, RAUDHOTUN. Pola Asuh Orang Tua dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar pada anak kelas 5 dan 6 di SDNKandangan 3 Kecamatan Ngawi Kabupaten Ngawi. e-Journal Cakra Medika, [S.l.], v. 6, n. `1, p. 1-5, feb. 2019. ISSN 2581-3005. Available at: <http://jurnal.akperngawi.ac.id/index.php/cakra/article/view/24>. Date accessed: 07 july 2020.