Hubungan Tingkat Kecemasan Mahasiswa dalam Menghadapi Ujian Akhir Semester dengan Prestasi Belajar Mata Ajar Anatomi Fisiologi

Hubungan Tingkat Kecemasan Mahasiswa dalam Menghadapi Ujian Akhir Semester dengan Prestasi Belajar Mata Ajar Anatomi Fisiologi

  • ENDRI EKAYAMTI

Abstract

Tingkat kecemasan merupakan perasaan kekhawatiran yang dapat menyebabkan respon kognitif, psikomotor, dan fisiologis yang tidak nyaman, misalnya kesulitan berfikir logis akan mempengaruhi proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat kecemasan mahasiswa dalam menghadapi ujian akhir semester dengan prestasi belajar mata ajaranatomi fisiologi mahasiswa tingkat I Akper Pemkab Ngawi. Penelitian ini merupakan penelitian analitik, dengan metode cross sectional. Populasi penelitian adalah 105 mahasiswa tingkat I Akper Pemkab Ngawi. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Data diperoleh dari kuesioner menggunakan skala HARS (Hamilton Anxiety Rating Scale, kemudian di analisa dengan uji chi square. Hasil penelitian pada 77 responden yang diteliti, terdapat 50 (64,9%) responden yang mengalami cemas ringan yang mendapatkan nilai cukup sejumlah 16 (20,8%).  Sedangkan dari 15 (19,5%) responden yang mendapatkan nilai cukup ada 6 (7,8%). dan sebagian kecil responden yang tidak mengalami kecemasan yaitu 12 (15,6%) responden yang tidak cemas ada 1 (1,3%) responden yang mendapatkan nilai cukup. Hasil uji chi square diperoleh nilai p = 0,427 dengan nilai α = 0,05 artinya maka Ho diterima, dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan antara tingkat kecemasan dalam menghadapi ujian dengan prestasi belajar mata ajar komunikasi keperawatan.

Published
2019-02-28
How to Cite
EKAYAMTI, ENDRI. Hubungan Tingkat Kecemasan Mahasiswa dalam Menghadapi Ujian Akhir Semester dengan Prestasi Belajar Mata Ajar Anatomi Fisiologi. e-Journal Cakra Medika, [S.l.], v. 6, n. `1, p. 6-12, feb. 2019. ISSN 2581-3005. Available at: <http://jurnal.akperngawi.ac.id/index.php/cakra/article/view/25>. Date accessed: 24 sep. 2020.