Hubungan Tingkat Pengetahuan Remaja Putri Tentang Menstruasi dengan Metode Koping saat Dismenorhoe di Smk Negeri 1 Ngawi

  • EDY PRAWOTO

Abstract

Salah satu tanda keremajaan secara biologi yaitu mulainya remaja mengalami menstruasi. Hampir seluruh remaja putri pasti pernah mengalami dismenorhoe dengan berbagai tingkatan, mulai dari sekedar pegal-pegal dari sisi dalam hingga rasa nyeri yang luar biasa sakitnya. Kondisi seperti ini akan membawa remaja untuk menggunakan satu atau lebih koping yang tersedia. Tujuan dilakukanya penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan remaja putri tentang menstruasi dengan metode koping saat dismenorhoe di SMKN 1 ngawi. Desain yang digunakan adalah korelasi yaitu tipe penelitian berupa hubungan antara dua variabel atau lebih. Dengan mengambil sampling proportional stratified random sampling. Populasi yang digunakan remaja putri smk negeri 1 ngawi kelas x yang berjumlah 118 responden dengan metode cross sectional. Data dipeoleh melalui angket kemudian data tersebut dianalisa dengan menggunakan uji chi-square. Hasil uji chi square diperoleh nilai ρ = 0,036 artinya α < 0,05 yang berarti ada  hubungan antara tingkat pengetahuan remaja putri tentang menstruasi dengan metode koping saat dismenorhoe dan diperoleh nilai koefisien kontingensi sebesar 0,231. Dengan tingkat pengetahuan cukup. Remaja putri yang mempunyai pengetahuan baik tentang menstruasi maka koping dalam menghadapi dismenorhoe juga akan semakin adaptif. Remaja putri disarankan agar mencari informasi yang banyak tentang menstruasi dan bagaimana cara menghadapi dismenorhoe melalui berbagai media, baik media cetak maupun media elektronik, sehingga remaja putri memperoleh metode koping yang adaptif.

Published
2019-02-28
How to Cite
PRAWOTO, EDY. Hubungan Tingkat Pengetahuan Remaja Putri Tentang Menstruasi dengan Metode Koping saat Dismenorhoe di Smk Negeri 1 Ngawi. e-Journal Cakra Medika, [S.l.], v. 6, n. `1, p. 13-18, feb. 2019. ISSN 2581-3005. Available at: <http://jurnal.akperngawi.ac.id/index.php/cakra/article/view/26>. Date accessed: 24 sep. 2020.