Hubungan Tingkat Pengetahuan Keluarga Tentang Air Bersih Dengan Kejadian Diare Di Dusun Sumbersari Desa Jeblogan Kecamatan Paron Kabupaten Ngawi

  • TRI ADMADI

Abstract

Air Bersih Adalah Air Yang Bermutu Baik Memiliki Syarat Fisik Tidak Berasa, Tidak Berwarna, Tidak Berbau, Dan Bebas Dari Bakteri. Pemanfaatan Air Yang Tidak Bersih Dapat Menyebabkan Diare.Dibutuhkan Pengetahuan Keluarga Tentang Air Bersih Untuk Memenuhi Kebutuhan Harian Agar Tidak Mengalami Diare. Untuk Mengetahui Hubungan Tingkat Pengetahuan Keluarga Tentang Air Bersih Dengan Kejadian Diare. Metode Yang Digunakan Dalam Penelitian Ini Adalah Cross Sectional.Populasi Diambil Dari Keluarga Di Dusun Sumbersari Desa Jeblogan Kecamatan Paron Kabupaten Ngawi Sebanyak 140. Jumlah Sampel 103dengan Sampling: Simple Random Sampling. Variabel Independen: Tingkat Pengetahuan Keluarga Tentang Air Bersih Dan Variabel Dependennya: Kejadian Diare.Pengumpulan Data Dengan Menyebarkan Kuesioner. Analisa Data Dengan  Editing, Coding, Scoring Dan Ditabulasikan Kemudian Dilakukan Uji Chi Square. Hasil Penelitian Didapatkansejumlah 37 Responden (35,9%) Mempunyai Pengetahuan Kurang Dan Yang Mengalami Diare Sejumlah 22 Responden (37,9%), Sedangkan Yang Mempunyai Pengetahuan Baik Sejumlah 30 Responden (29,1%) Dan Yang Mengalami Diare Sejumlah 9 Responden (15,5%).  Berdasarkan Hasil Tabulasi Danuji Chi – Square Dengan Spss Didapatkan Nilai P = 0,001 Ataup < 0,05 Dengan Koefisien Kontingensi = 0,343. Sehingga Disimpulkan Ada Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan Keluarga Tentang Air Bersih Dengan Kejadian Diare Di Dusun Sumbersari Desa Jeblogan Kecamatan Paron Kabupaten Ngawidengan Tingkat Hubungan Rendah.

Published
2019-04-12
How to Cite
ADMADI, TRI. Hubungan Tingkat Pengetahuan Keluarga Tentang Air Bersih Dengan Kejadian Diare Di Dusun Sumbersari Desa Jeblogan Kecamatan Paron Kabupaten Ngawi. e-Journal Cakra Medika, [S.l.], v. 6, n. `1, p. 19-24, apr. 2019. ISSN 2581-3005. Available at: <http://jurnal.akperngawi.ac.id/index.php/cakra/article/view/27>. Date accessed: 24 sep. 2020.