Pengaruh Customer Value Terhadap Minat Kunjungan Ulang Pasien Rawat Jalan
Abstract
Klinik Spesialis Kandungan Obstetri RSI Siti Aisyah Madiun adalah klinik yang menyediakan layanan kesehatan produktif, pemeriksaan kehamilan, nifas dan KB. Selain itu, klinik ini memiliki sarana dan prasarana yang cukup lengkap. Pada tahun 2016, jumlah pasien mengalami penurunan sebesar 32% dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh nilai pelanggan terhadap minat kunjungan rawat jalan di dokter spesialis kebidanan klinik Rumah Sakit Islam Ginekologi (RSI) Siti Aisyah Madiun Tahun 2016. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Sumber data berasal dari data primer dan sekunder. Teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah purposive yang melibatkan 89 pasien wanita hamil. Data dianalisis dengan Korelasi Kendal Tau. Hasil penelitian menunjukkan bahwa korelasi Kendal tau dengan nilai 0,433 dengan nilai signifikan 0,000 lebih kecil dari 0,05 memberikan arti bahwa pelanggan memberikan minat kunjungan ulang pasien hamil wanita kebidanan kebidanan obstetri RSI Siti Aisyah Madiun. Berdasarkan penelitian ini terdapat perhatian terhadap nilai pelanggan yang meliputi nilai kinerja, nilai emosional, nilai sosial dan nilai uang