Upaya Promosi Instalasi Rawat Jalan Berdasarkan Hasil Analisis Kebutuhan Pasien

  • Eva Rusdianah

Abstract

Pasien pada instalasi rawat jalan pada tahun 2016 mengalami penurunan sebesar 25,06% atau 907 pasien Sehingga diperlukan adanya promosi sesuai dengan kebutuhan pasien. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui upaya promosi yang berdasarkan hasil analisis kebutuhan pasien Rumah Sakit TK. IV Madiun tahun 2016. Desain penelitian ini dengan pendekatan kualitatif. Responden dalam penelitian ini yaitu 9 pasien rawat jalan dan 5 informan dari manajemen Rumah Sakit. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Hasil wawancara mendalam kepada pasien menyatakan bahwa tarif di Rumah Sakit TK. IV Madiun terjangkau, karena pasien tidak memerlukan dana khusus untuk berobat, tetapi pasien tidak selalu pergi ke Rumah Sakit TK karena faktor jarak dan kualitas. Kebutuhan sebenarnya untuk kriteria kualitas layanan yang baik seperti kecepatan layanan, sikap petugas, kenyamanan di Rumah Sakit TK. IV. Kebutuhan kemudahan dalam bentuk penambahan fasilitas seperti TV, AC, koran, tempat luas, panduan arah. Berdasarkan konsep wawancara untuk keseluruhan manajemen, promosi yang melalui TV, radio, pamflet dan brosur benar-benar tidak efektif dan alokasi dana yang disediakan masih kecil. Disarankan untuk Rumah Sakit TK. IV melakukan survei kepuasan pasien yang lebih teratur, menggunakan lebih banyak fasilitas yang dimiliki untuk melakukan promosi di rumah sakit, dan mengupayakan upaya promosi yang disesuaikan dengan kebutuhan pasien.

Published
2018-11-15
How to Cite
RUSDIANAH, Eva. Upaya Promosi Instalasi Rawat Jalan Berdasarkan Hasil Analisis Kebutuhan Pasien. e-Journal Cakra Medika, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 48-54, nov. 2018. ISSN 2581-3005. Available at: <http://jurnal.akperngawi.ac.id/index.php/cakra/article/view/17>. Date accessed: 21 dec. 2024.