Hubungan Dukungan Keluarga dan Kemandirian Activity Of Daily Living (ADL) Terhadap Kualitas Hidup pada Pasien Post Stroke di Wilayah Kerja Puskesmas Pangkur

  • erma widhayanti Akper Pemkab Ngawi
  • Dika Lukitaningtyas Akper Pemkab Ngawi
  • Nurul Hidayah Akper Pemkab Ngawi

Abstract

Latar Belakang : Penderita stoke di Indonesia mengalami peningkatan setiap tahunnya. Stroke dapat menimbulkan dampak berupa kecacatan yang mempengaruhi seseorang manusia dalam melakukan aktivitas kesehariannya atau activity of daily living (ADL). Selain itu, stroke dapat menimbulkan depresi, sehingga dibutuhkan dukungan keluarga agar pasien post stroke dapat melakukan aktivitas. Dukungan keluarga dan kemadirian activity of daily living (ADL) sangat diperlukan bagi pasien post stroke, sebab keduanya adalah bagian yang penting dalam menentukan kualitas hidup. Tujuan : Tujuan riset adalah mengetahui hubungan antara dukungan keluarga dan kemandirian activity of daily living (ADL) dengan kualitas hidup pada pasien post stroke di wilayah kerja Puskesmas Pangkur. Metode : Jenis riset ini adalah deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional. Sampel dalam riset berjumlah 40 orang dengan teknik total sampling. Alat pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner dukungan keluarga, kemandirian activity of daily living dengan barthel index dan kuesioner kualitas hidup menggunakan WHOQOL-BREF. Uji statistik menggunakan Spearman Rank Correlation. Hasil : Hasil riset menunjukan mayoritas pasien post stroke berada pada kategori dukungan keluarga tinggi (72,5%), kemandirian activity of daily living (ADL) ringan (85%) dan kualitas hidup tinggi (72,5%). Pada hubungan dukungan keluarga dan kualitas hidup diperoleh hasil nilai ρ-value 0.000 dengan nilai r = 0.624, hubungan kemandirian activity of daily living (ADL) diperoleh hasil nilai ρ-value 0.000 dengan r = 0.671. Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan : adanya hubungan dukungan keluarga dan kemandirian activity of daily living (ADL) dengan kualitas hidup pasien post stroke, diharapkan pasien post stroke dapat mempertahankan kualitas hidup yang baik dengan cara mengontrol diri serta meningkatkan dukungan keluarga dan kemandirian activity of daily living (ADL).

Published
2024-01-31
How to Cite
WIDHAYANTI, erma; LUKITANINGTYAS, Dika; HIDAYAH, Nurul. Hubungan Dukungan Keluarga dan Kemandirian Activity Of Daily Living (ADL) Terhadap Kualitas Hidup pada Pasien Post Stroke di Wilayah Kerja Puskesmas Pangkur. e-Journal Cakra Medika, [S.l.], v. 11, n. 1, p. 104-111, jan. 2024. ISSN 2581-3005. Available at: <http://jurnal.akperngawi.ac.id/index.php/cakra/article/view/182>. Date accessed: 16 june 2024. doi: https://doi.org/10.55313/ojs.v11i1.182.