Pengaruh Peran Orang Tua dengan Prestasi Belajar Anak SD Kelas 4 dan 5 SDN Milangasri 1 Kec. Panekan Kab. Ngawi

  • Edy Prawoto M.Kep
  • Bambang Hermanto S.Kep.,Ns

Abstract

Latar belakang : Peran orang tua dalam prestasi belajar anak dapat menumbuhkan keinginan untuk berprestasi secara optimal. Hal tersebut dapat ditunjukkan dengan sikap dan perilaku orang tua berupa mengarahkan, membimbing anak dan mengasuh anak serta saling terbuka pada anak dalam memecahkan masalah, memberikan informasi yang berguna adalah wujud dari peran orang tua itu sendiri.


Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh peran orang tua dengan prestasi belajar anak.


Metode : Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasi dengan desain penelitian cros sectional, dengan populasi orang tua yang mempunyai anak kelas 4 dan 5 di SDN Milangasri I Kecamatan Kabupaten Magetan Pebruari 2016. Jumlah populasi 36 dengan sampel 36 responden yang variebel independen peran orang tua dan variebel dependen prestasi belajar. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling. Data yang diperoleh dari kuesioner dan raport siswa lalu data tersebut dianalisa dengan rumus uji chi square.


Hasil : Hasil penelitian menunjukan peran orang tua dalam meningkatkan prestasi belajar anak positif ( 52,8 %)dan yang berprestasi negatif  hampir seluruhnya yaitu (47,2 %).Dengan menggunakan uji chi square didapatkan nilai x² (0,001) <  dari taraf nyata (a = 0,05) maka Ho ditolak.


Kesimpulan : Hal ini menunjukkan ada pengaruh peran orang tua terhadap prestasi belajar anak, sedangkan nilai koefisien kontigensi adalah 0,252 berarti positif rendah.

Published
2017-08-18
How to Cite
M.KEP, Edy Prawoto; S.KEP.,NS, Bambang Hermanto. Pengaruh Peran Orang Tua dengan Prestasi Belajar Anak SD Kelas 4 dan 5 SDN Milangasri 1 Kec. Panekan Kab. Ngawi. e-Journal Cakra Medika, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 14-20, aug. 2017. ISSN 2581-3005. Available at: <http://jurnal.akperngawi.ac.id/index.php/cakra/article/view/4>. Date accessed: 18 nov. 2017.