Study Tingkat Kecemasan Penderita DM Di Rawat Jalan Puskesmas Ngawi Purba Kab. Ngawi

  • Nurul Hidayah S.Kep.Ns

Abstract

Latar belakang : Diabetes mellitus adalah penyakit kronis yang mana penderitanya tidak dapat mengendalikan tingkat gula dalam darah. Setiap penderita diabetes mellitus umumnya mengalami rasa cemas terhadap segala hal yang terjadi berhubungan dengan diabetesnya misalnya cemas akan timbulnya komplikasi akibat diabetes mellitus, cemas terhadap gula darah yang tinggi, dan lain sebagainya. Hal ini dapat menyebabkan hormon counter-insulin (yang kerjanya berlawanan dengan insulin) lebih aktif, akibatnya glukosa darahpun akan meningkat.


Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengeidentifikasi tingkat kecemasan penderita diabetes mellitus di Poli Rawat Jalan Puskesmas Ngawi Purba Kabupaten Ngawi.


 Metode : Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Sampling yang digunakan adalah consecutive sampling. Sample yang di ambil adalah 29 responden yaitu penderita diabetes mellitus di Rawat Jalan Puskesmas Ngawi Purba pada bulan Nopember - Desember 2015. Data penelitian menggunakan kuisioner menurut skala HARS yang diberikan pada responden dengan tabulasi, analisa dan persentase.


Hasil : Hasil analisa data secara keseluruhan didapatkan bahwa tingkat kecemasan penderita diabetes mellitus di Poli Rawat Jalan Puskesmas Ngawi Purba adalah sebagian besar mengalami cemas ringan yaitu 19 orang ( 65,5 % ), cemas sedang 7 orang ( 24,2 % ) dan sebagian kecil mengalami cemas berat yaitu 3 orang ( 10,3 % ).


Kesimpulan : Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tingkat kecemasan penderita diabetes mellitus di Poli Rawat Jalan Puskesmas Ngawi Purba  sebagian besar mengalami kecemasan ringan.

Published
2017-08-18
How to Cite
S.KEP.NS, Nurul Hidayah. Study Tingkat Kecemasan Penderita DM Di Rawat Jalan Puskesmas Ngawi Purba Kab. Ngawi. e-Journal Cakra Medika, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 27-32, aug. 2017. ISSN 2581-3005. Available at: <http://jurnal.akperngawi.ac.id/index.php/cakra/article/view/6>. Date accessed: 18 nov. 2017.