Hubungan Tingkat Kecacatan Fisik Dengan Harga Diri Rendah Pada Penderita Kusta Di Wilayah Kerja Puskemas Padas Kabupaten Ngawi

  • Erwin kurniasih M.Kep

Abstract

Latar belakang : Masyarakat pada umumnya beranggapan bahwa penyakit kusta merupakan salah satu penyakit hukuman / kutukan dari Allah SWT dan tidak dapat disembuhkan (Santoso, 2001). Berbagai macam upaya pengobatan telah di lakukan pemerintah dan sudah banyak yang berhasil, Namun pemerintah harus terbentur pada satu masalah pemulihan citra diri bekas pendertita kusta. Sangatlah sulit menghilangkan stigma bahwa penyakit kusta sulit menular dalam masyarakat dan membutuhkan waktu pengobatan yang lama. Penyakit ini menimbulkan rasa malu dan rendah diri, bahkan sebagian besar pasien yang meninggal bukan karena penyakit kustanya, melainkan dari tekanan psikologis yang sangat kuat (Haikin 2009).


Tujuan : Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan tingkat kecacatan fisik dengan harga diri rendah pada penderita kusta diwilayah kerja puskesmas padas kab Ngawi.


Metode : Penelitian ini menggunakan metode analitik, populasi yang diambil semua penderita kusta tahun 2014-2016, Penentuan sampel menggunakan random sampling.Variable independent adalah kecacatan fisik dan variable dependen harga diri rendah. Tehnik pengumpulan data dengan cara kuesioner.


Hasil : Hasil penelitian menunjukan bahwa hampir setengahnya (44.8) mempunyai cacat 0 (nol) dan hampir seluruhnya (82,75) mengalami harga diri tinggi.         Dari hasil uji statistik untuk menganalisa hubungan tingkat kecacatan fisik dengan harga diri rendah di puskesmas pada kabupaten ngawi diperoleh nilai probabilitas (p)=0.117 > α = 0,05. Hal ini menunjukan hipotesa alternatif : (Ho) yang menyatakan tidak ada hubungan tingkat kecacatan fisik dengan harga diri rendah pada penderita kusta.


Kesimpulan : Jadi penderita kusta di wilayah kerja puskesmas padas mempunyai harga diri tinggi, sehingga diharapkan kepada petugas puskesmas untuk meningkatkan motivasi kepada penderita kusta

Published
2017-08-18
How to Cite
M.KEP, Erwin kurniasih. Hubungan Tingkat Kecacatan Fisik Dengan Harga Diri Rendah Pada Penderita Kusta Di Wilayah Kerja Puskemas Padas Kabupaten Ngawi. e-Journal Cakra Medika, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 33-38, aug. 2017. ISSN 2581-3005. Available at: <http://jurnal.akperngawi.ac.id/index.php/cakra/article/view/7>. Date accessed: 18 nov. 2017.