Efektifitas Pendidikan Kesehatan Terhadap Glycemic Control Pada Pasien Diabetes Mellitus Tipe 2 : Systematic Review
Abstract
Latar Belakang: Diabetes Mellitus Tipe 2 adalah penyakit gangguan metabolik yang ditandai oleh kenaikan gula darah akibat penurunan sekresi insulin oleh sel beta pankreas dan atau ganguan fungsi insulin (resistensi insulin). Pendidikan kesehatan merupakan salah satu upaya yang dapat diberikan kepada pasien DM tipe 2 dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pasien sehingga pasien memiliki perilaku adaptif dalam rangka peningkatan kualitas hidup mereka.
Tujuan Penelitian: Mengetahui efektifitas pendidikan kesehatan terhadap glycemic control pada pasien Diabetes Mellitus Tipe 2.
Metode: Sistematik review ini dengan mereview jurnal yang didapatkan dari PubMed, PMC, Ebsco, ProQuest, Cochrane Library dan Google Scoolar. Adapun kriteria inklusinya berupa: 1) Studi penelitian dengan pendekatan RCT, 2) Studi pada pasien DM tipe 2, 3) Studi dengan intervensi pendidikan kesehatan baik individu maupun kelompok, 4) Studi yang memberikan outcome glicemic control (HbA1c). Studi apprasial sistematik review ini menggunakan Critical Appraisal Skills Program (CASP) dan metode sintesis menggunakan modifikasi PICO.
Hasil: Intervensi pendidikan kesehatan signifikan pada perubahan glicemic control pada pasien DM tipe 2. Pendidikan kesehatan berbasis individu lebih efektif menurunkan HbA1c) dibandingkan intervensi berbasis kelompok maupun usual care.
Kesimpulan: Pendidikan kesehatan memberikan pengaruh signifikan pada glicemic control sehingga efektif diterapkan sebagai salah satu upaya pengendalian gula darah pasien DM tipe 2.