Hubungan Tingkat Pengetahuan Vulva Hygiene dengan Kejadian Keputihan Patologis pada Remaja Kelas X II SMAN 3 Magetan

  • Cholishotus Sangadah
  • Rini Komalawati
  • Erwin Kurniasih

Abstract

Pengetahuan dan perawatan yang benar mengenai vulva hygiene dapat memelihara kesehatan organ reproduksi. Sikap remaja mengenai keputihan selama ini masih dianggap kurang, hal ini dikarenakan kurangnya pengetahuan dan informasi mengenai vulva hygiene yang baik dan benar sehingga menyebabkan remaja mengalami keputihan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan vulva hygiene dengan kejadian keputihan patologis pada remaja kelas X di SMAN 3 Magetan


Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 28 April – 8 Mei 2021. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelatif, dengan menggunakan Cross Sectional. Analisa data menggunakan Chi Square. Jumlah responden sebanyak 130 orang menggunakan teknik Simple Random Sampling.


Hasil analisis hubungan tingkat pengetahuan vulva hygiene dengan kejadian keputihan patologis dari uji statistik chi square di peroleh ρ = 0,877 ≥ α = 0,05 yang berarti H0 diterima atau tidak terdapat hubungan antara tingkat pengetahuan vulva hygiene dengan kejadian keputihan patologis pada remaja kelas X di SMAN 3 Magetan.


Disarankan peneliti selanjutnya untuk memperluas area penelitian. Penelitian selanjutnya dapat dilakukan untuk melihat faktor-faktor lain dan dapat melakukan pendidikan kesehatan yang dapat mempengaruhi tingkat pengetahuan remaja mengenai vulva hygiene yang baik dan benar

Published
2021-08-09
How to Cite
SANGADAH, Cholishotus; KOMALAWATI, Rini; KURNIASIH, Erwin. Hubungan Tingkat Pengetahuan Vulva Hygiene dengan Kejadian Keputihan Patologis pada Remaja Kelas X II SMAN 3 Magetan. e-Journal Cakra Medika, [S.l.], v. 8, n. 2, p. 25-33, aug. 2021. ISSN 2581-3005. Available at: <http://jurnal.akperngawi.ac.id/index.php/cakra/article/view/74>. Date accessed: 10 sep. 2024. doi: https://doi.org/10.55313/ojs.v8i2.74.